Langkah Persiapan Membangun Rumah

Langkah Persiapan Membangun Rumah Tinggal

Dalam proses untuk merencanakan suatu rumah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka kita harus mengetahui besaran dana yang kita miliki. Dana tersebut akan disesuaikan dengan tipe rumah beserta model yang kita inginkan. Tentunya biaya pembuatan rumah dengan masing-masing tipe dan model tidak akan sama. Semua akan disesuaikan dengan dana yang siap kita keluarkan.

Namun satu hal penting lain yang perlu kita perhatikan adalah, rumah bukan seperti ponsel yang dengan mudah kita ganti, rumah merupakan tempat kita dan keluarga berteduh dalam waktu lama, usahakan agar rumah yang kita inginkan memiliki fungsi yang mencukupi bagi kita dan keluarga.

Berikut adalah langkah-langkah penting dalam membangun rumah :
Dana Pembangunan

  1. Tentukan besaran dana. Ini penting. Dana akan menjadi patokan bagi penyedia jasa menentukan luasan dengan model rumah yang kita inginkan. Jika kita tidak bisa menentukan besaran dana, maka kita akan kesulitan dalam menentukan batasan dalam membangun rumah.
  2. Tentukan ruangan-ruangan yang kita inginkan. Contohnya seperti berapa kamar tidur yang kita inginkan, jumlah kamar mandi, ruangan dapur, kamar tamu. Tentukan juga fasilitas seperti car port atau garasi, berapa jumlah mobil dan juga motor yang kita rencanakan, ini akan memperkirakan luasan lahan untuk kendaraan tersebut. Daripembagian jumlah ruangan dan fasilitas yang kita inginkan, penyedia jasa bisa memulai sketch/menggambarkan denah rumah kita sebagai gambaran. Dari sketch tersebut, kita bisa dengan mudah mulai membayangkan bentuk rumah, sehingga kita bisa menyampaikan pendapat kita kepada penyedia jasa.
  3. Tata Ruang
  4. Tentukan luasan lahan bangunan. Hal ini akan mempengaruhi biaya pembangunan, luasan ruangan, luasan fasilitas dan lain-lain yang akan disesuaikan satu dengan lain.
Tiga hal di atas merupakan variabel yang saling berkaitan sehingga sangat penting bagi kita untuk memikirkan hal-hal tersebut, namun hal terakhir yang perlu kita pikirkan untuk langkah berikutnya adalah: perizinan IMB.

Jika anda ingin berkonsultasi dengan kami, silahkan kontak kami disini.

Comments

Popular posts from this blog

Perbandingan Kamera Digital : Pocket vs Prosumer vs Mirrorless vs DSLR

Jasa Renovasi dan Bangun Rumah Tinggal Semarang